ALNAS itu ...

Foto saya
medan, sumatra utara, Indonesia
interested in writing, literature and something artistic ..

Sabtu, 02 Juli 2011

#Medan Tercinta Part II

Seperti yg udah aku janjiin di tulisan sebelumnya , kalo untuk postingan yg ini merupakan lanjutan dari yg sebelumnya . masih tentang Kota Medanku tercinta . setelah di tulisan sebelumnya aku udah cerita tentang Bika Ambonnya Medan , Becak , dan tempat-tempat kuliner di Medan . Nah untuk tulisan yg ini aku mau bahas sedikit tentang bangunan-bangunan di Kota Medan , baik yg tua yg muda semua masuk deh ... hahaha :D
Dulunya mungkin cuma orang-orang tertentu aja yg memperhatikan tempat-tempat ini tp skrg semenjak Kamera SLR udah mewabah di lingkungan anak gaul . tempat-tempat tua seperti ini sering dikunjungin dari yg sekedar mau sok model disana sampe yg bener-bener butuh objek buat kepuasan jiwa Fotographinya .
Aku sendiri baru nyadar kalo di Medan ini ternyata banyak juga tempat-tempat kuno yg menarik , ahaha kemana aku selama ini ?? mungkin terfokus dengan tempat-tempat yg lebih digital ditahun Milinium ini .
Untuk tulisan yg ini lagi-lagi aku harus pesugihan agar dapat gambar-gambar bagus dari Mbah Google , berhubung aku lagi sibuk beraaaaat jd niat untuk hunting foto sendiri harus di pending lagi . maaf ya ceman-cemans aku mengecewakan kalian . insyallah nanti satnite kalo gak ada kemana-mana aku hunting poto deh . biar lebih update kan pake poto yg terbaru :)
oke lah , fokus ke topic tentang bangunan di Medan . aku akan mulai dari ....

Mesjid Raya AL Mashun , merupakan salah satu peninggalan Sultan Deli yang masih dipergunakan untuk tempat beibadahnya umat muslim sampai sekarang . mesjid ini gak jauh dari Istana Maimun . konon ceritanya mesjid ini dibangun selama tiga tahun (1906-1909) .Masjid yang dirancang oleh Dingemans dari Amsterdam (dengan bentuk yang simetris jika dilihat dari keempat sisinya) memiliki gaya yang diambil dari budaya Timur tengah, India, dan Spanyol. Masjid dibangun dengan bentuk segi 8 (oktagonal) dan memiliki 4 sayap disetiap bagian selatan timur utara dan barat yang berbentuk seperti bangunan utama namun berukuran lebih kecil. luas keseluruhan bangunan adalah 5.000 meter. Hiasan di masjid ternyata bukan berupa kaligrafi melainkan ukiran bunga dan tumbuhan. dan berbeda dengan masjid lainnya, kubah masjid ini tidak berbentuk bulat namun persegi 8 dan agak gepeng. kubah berjumlah 5 buah, yang paling besar berada diatas bangunan utama dan 4 lainnya diatas masing2 sayap. disetiap ujung kubah terdapat ornamen bulan sabit sebagai penghias.


Kantor Pos
Gedung BI
Kantor Pos pusat, juga merupakan icon kota medan yg dibangun dengan model arsitek transisi masa kolonial yang dibagun pada tahun 1910 . kantor pos ini termasuk 4 Kantor pos terpenting setelah Jakarta - Surabaya - Yogjyakarta . Terletak di pusat kota tepatntya di Jln.Putri Hijau . Disekitar Kantor Pos ini juga banyak terdapat tempat-tempat penting lainnya . Seperti Dua Buah Hotel ; Grand Aston dan The Arya Duta . juga Gedung BI yang masih satu arsitektur dengan kantor pos itu sendiri . tepat disebelah kananya terdapat Lapangan Merdeka yg sekarang sudah disulap menjadi spot outdoor yg menarik buat berkuliner . jadi buat wisatawan di medan , harus mampir dong ke titik nol'nya kota Medan ini.

Kuil Hindu Sri Mariammam , terletak di Jl.K.H Zainul Arifin kota Medan .Candi yang dikhususkan untuk Dewi Kali. Cali dibangun pada tahun 1884. Kampung keling masih kental sekali dengan nuansa kehidupan orang-orang keturunan india yang beragama hindu. Keberadaan beberapa Kuil tempat persembahyangan mereka adalah salah satu yang mendukung keberadaan mereka namun karena beberapa pertimbangan nama kampung keling ini telah diganti menjadi Kampung Madras. Kebudayaan yang amat unik serta aneka kuliner yang khas menjadikan kawasan ini sangat digemari orang. Selain memiliki nilai historis yang banyak dikenal orang, tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat jalan-jalan sambil menikmati kuliner disekitarnya. Lokasi ini juga gak jauh dari Sun Plaza - Cambrige , dua tempat yg paling in di Medan untuk saat ini . Setiap Musim Petasan tiba (tehun baru-lebaran-natal) gak ngerti gimana , sepanjang kampung keling ini banyak yg jual petasan berbagai macam jenis dan saat malam pergantian baru disini juga sering diadakan pesta kembang api walaupun membahayakan buat gedung-gedung disekitarnya .


Lonsum , kurang paham juga sama lokasi yg satu ini tp yg jelas ini best spot untuk yg mau mengiila dengan lensa kamera masing-masing . entah siapa yg memulai yg jelas sejak tiga tahun terakhir ini Lonsum menjadi tempat yg paling banyak dikunjungin buat poto-poto . boleh di chek ke album facebooknya anak-anak medan pasti ada deh tempat ini , daerah ini dinamakan kesawan , gak jauh dari lapangan merdeka . disekitar Lonsum ini juga banyak bangunan tua lainnya yg skrg jadi target para pecinta fotographi , mulai yg emang fotograper beneran sampe fotograper dadakan . ini aku juga kasih liat tempat-tempat seru lainnya di Medan , dan ini lebih mengarah ke umum jadi bukan soal bangunan tua lagi yaa :) soory buat yg ini penjelasannya boleh nanya langsung aja deh sama Om Goggle . hhiihhhi :)

Sun Plaza at jl.K H Zainul Arifin

Titi Gantung

Rumah Tjong Ai Fie
Amaliun Food Court


Tip Top at Kesawan













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

punya komentar ?? silahkan ....