ALNAS itu ...

Foto saya
medan, sumatra utara, Indonesia
interested in writing, literature and something artistic ..

Jumat, 01 Juli 2011

#Medan tercinta Part I

Satu Juli Duaribu Sebelas ...
gak kerasa  yaa dua ribu sebelas kita yg tercinta ini udah berjalan setengah tahun aja . untuk report sementara belum ada "The best performance from me" . hidup masih gini-gini aja ...
hahah yasudalah lupakan tentang itu , disini aku gak pengen nulis tentang aku sepanjang setengah tahun ini .
tp tulisan pertama aku di postingan Juli , aku persembahakan khusus buat KOTA MEDAN ku tercinta ini :D

Happy birthday buat my beloved city : Medan , Sumatra Utara , Indonesia !
Selamat Ulang Tahun yg ke-421 tahun *gilaaa,kalo ini manusia udah gimana ya bentuknya?* . di tulisan yg ini aku akan cerita-cerita tentang medanku yg indah ini :)
yesss sebagai orang medan asli , aku harus nerima dong baik buruknya medan :) aku tumbuh dan kembang di alam Medan ini . udah hampir 20tahun aku disini .gak ada kota yg membuat aku betah , sebetah dimedan ini . kayak mana pun kondisi medan , medan selalu di hati deh #eaa #lebay hahaha :D


*Bika Ambon

makanan khas medan ini memang satu-satunya makanan yg salah nama , yeeah knpa salah ?? krna makanan ini identik dengan Medan lalu kenapa malah dinamain Bika Ambon bukannya Bika Medan aja ?? oke sebagai orang medan asli aku belum menemukan jawaban untuk pertanyaan satu itu .
Bika ambon merupakan kue berwarna kuning dengan tekstur yang legit tetapi berlubang-lubang , banyak di jual di Daerah Medan Petisah tepatnya di Jln.Mojopahit . perlu diketahui sepanjang jalan itu banyak toko-toko yg menjual Bika Ambon dkk (re:lapislegit,blonde pisang,brownies) . jadi bisa dipastikan kalo tempat ini selalu ramai setiap harinya . ini merupakan daerah wajib singgah !! baik buat yg dari luar ataupun untuk warga kota medannya sendiri . Sekedar Informasi di sepanjang jalan kenangan itu *oke, ini salah* bukan bukan , maksud aku di sepanjang jalan Mojopahit , Medan ini banyak terdapat toko-toko penjual bika ambon tp *bukan promosi* tp Toko Zulaikha merupakan toko terlaris , hampir semuanya membeli disini . dan memang kenikmatannya juga udah terbukti , buat yg ke medan . silahkan mencoba .,..


*Becak
Becak dayung Kota Medan

cukup banyak alat transportasi di medan , selain ada taksi - angkot - damri - ojek (untuk wilayah tertentu seperti Marelan - Martubung) , ada juga becak . yaa di medan becak merupakan transportasi yg cukup terkenal terlebih dengan becak dayungnya , berbeda dengan becak di ibukota yg supirnya ada dibelakang kita . becak di medan suprinya sejajar dengan kita . untuk tarifnya juga murah tapi semakin kesininya becak dayung semakin jarang terlihat .


Becak Mesin
jalanan di kota medan di dominasi dengan becak (modifikasi) ber motor , yaaa mungkin selain untuk menghemat tenaga juga untuk menambah polusi dengan asap dari mesin kenderaan tersebut . ada pun becak dayung skrg hanya di beberapa wilayah dan digunakan untuk transportasi antar jalan kecil . *teringatnya* aku udah hampir 4tahun gak naik becak dayung . apa kabar yaa becak dayung skrg ?? kayaknya lepas dari hari ini aku harus mencobanya kembali , melepaskan rinduku dengan transportasi ini . hahaha . ini aku tambahin pic buat becak dayung dan becak bermotornya (disini kami menyebutnya Becak Mesin) .

Becak Mini Siantar
ada juga satu jenis becak (lupa namanya apa) dengan ukuran lebih kecil dan sangaaaat jarang ada di medan krna ini merupakan ciri khas kota Siantar dan Padang Sidempuan , dua kota kecil yg gak jauh dari Medan . Becak yg ini jauh terlihat lebih kecil , hanya cukup untuk satu orang dewasa per becaknya . dengan tarif yang sedikit lebih mahal dan kebanyakan dari becak mini ini menggunakan vespa .
Jadi 3 dari jenis becak di Medan sudah bisa buat pilihan untuk anda jika berkunjung kesini kan ???


*Kuliner
Di Medan tempat jajanannya juga gak sedikit loh , ada banyak tempat makan yg bisa membuat kita melupakan program diet kita . hahahha !! Seperti :

    Pagaruyung a.k.a PujaSera Bestari
Pagaruyung , daerah yg terletak di Jln.K.H. zainul arifin ini berada di tengah kota medan , sekitar 50m dari Sun Plaza (Salah Satu Mal terbesar di Medan) .orang meda asli menyebutnya daerah kampung keling , krna disini mayoritas hindu berkulit gelap banyak dijumpai disini . penjual makanannya juga banyak dari suku mereka . Untuk makanan-makanan tertentu seperti Mierebus dan Roti Cane bisa di coba di stand-stand mereka krna rasanya lebih enak :) dan untuk yg islam , kalau ragu dengan ke halalan makan tersebut boleh dicoba mie rebus sebelah kiri pertama masuk di Pagaruyung ini . lupa nama yg jual cuma aku dan keluarga udah sering makan disitu dan insyllah islam :) . itu gambar yg dilampirkan merupakan kondisi ketika malam dan ini buka dari mulai magrib sampai tengah malam .



Merdeka Walk , Disini lebih mengarah ke tempat hang outnya anak muda medan , yg dijual disini juga mayoritas fastfood yang juga masih banyak kita jumpai di Plaza atau Mall disini . tp mungkin lebih memberikan konsep outdoor yg nyaman buat para pengunjungnya .


Untuk hari-hari terpilih seperti Satnite / Tahun baru sering diadakan acara di tengah-tengah Merdeka Walk ini tepatnya di pintu masuk . Merdeka Walk yg berada di Jln Balai Kota Medan , tepat di depan Grand Aston dan gak jauh dari Kantor Walikota . Merdeka Walk ini didirikan di pinggiran Lapangan Merdeka Medan tepat di jantung kota kota medan sudah dibuka mulai siang sampai tengah malam.





Mie Aceh Titi Bobrok , namanya mungkin terkenal mengerikan mengingat titinya yg bobrok ! haha tp jangan bayangkan anda makan di sebuah tempat yg hampir rubuh krna bobrok , tempatnya layak untuk dijadikan tempat makan dan hampir sama seperti pada umumnya , Mie Aceh Titi Bobrok ini terdapat di Jalan Setia Budi ujung (simp.sunggal) di sekitar kawasan ini banyak menjual titi bobrok dengan masing-masing keistimewaan , seperti Mie Aceh Titik Bobrok , Mie Aceh Pondok Baru dan masih banyak lagi .
Mie aceh ini dijual oleh Orang Aceh asli dengan rasa yg khas , mie aceh banyak dicari sebagai pengganjal perut di saat lapar . Di keluargaku Mie aceh semacam menjadi makanan wajib setiap berkumpul . bisa dipastikan hampir setiap minggu menu ini ada di dalam keluarga kami . Untuk yg berkunjung ke Medan , saya Rekomendasikan Mie Aceh Titi Bobrok untu anda cicipi :) pedasnya pas !!



Bandrek Said , salah satu tempat yg sekarang (kayaknya) mulai rame dikunjungin tepatnya pada malam hari . tempatnya asik buat sekedar ngebandrek sambil bercengkrama dengan beberapa teman . disini tidak hanya bandrek , disediakan juga beberapa jenis bubur , teh tarik dan lontong malam . Pusatnya ada di daerah Ringroad gak jauh dari simpang jln Amal dan kini membuka cabang di banyak tempat . Untuk yg ingin bersantai di malam hari silahkan berkunjung kesini :)

Dan , masih banyak lagi tempat wisata kuliner di medan : seperti Di Daerah USU , kalo udah malam tepat di sepanjang Jln.Dr.Masyur banyak yg ngejual somay lalu lewat dari situ beragam tempat makanan dibuka untuk memuaskan lidah kita ; Joko Solo , Warung Ijo , Lubuk Arai , Mie Ayam KQ 5 , ADS dan semua yg ga bisa aku sebutin satu-satu . Untuk Menu Sarapan Pagi hari kita boleh coba SOTO SINAR DELI didaerah kampus IBBI , aku lupa nama jalannya apa tp bisa dipastikan aku hapal luar kepala kalo disuruh antar kesana . buat yg mau dianterin ?? oke silahkan ...



Cukup , untuk post yg ini aku baru bisa nulis sekian ...
untuk tulisan berikutnya , aku bakal nulis tempat-tempat khas di kota medan yg terkenal dan insyallah aku juga bakal hunting poto langsung dengan camdig kesayanggan aku . yaa gimana pun hasilnya : kepuasan bathin adalah hal yg diutamakan dalam tulisan ini . Insyallah aku gak sibuk dan mulai hunting poto . janji deh gitu dapat poto-poto yang bagus aku bakal segara upload ke blog .soalnya tulisan yg ini semua potonya minta sama Om Google Tercinta , makasih yaa oom buat kerja samanya . tanpamu aku bukan siapa-siapa !! #eaaa
jadi jangan lewatkan tulisan berikutnya yaaaa , medan dalam cerita :)





2 komentar:

  1. kawanku banyak orang medan klo dia balik pasti oleh2nya bika ambon ama salak yg gede2 warnanya merah menggiurkan tapi rasanya asem dan bikin tenggorokan ga bisa napas...

    horas...!!!

    BalasHapus
  2. hahha , iya bika ambon memang ciri khas medan kali :)
    kalo salak itu khas dari sidempuan , kota kecil dengan 12jam perjalanan dari medan . kampungnya orang mandailing :) kampungku jugaaaaa :) horasss !!!
    main ke medan kalo ada waktu yaaa :) horaaaaaas tondi ni badan . hahahha :D

    BalasHapus

punya komentar ?? silahkan ....